Cara Menulis Pengalaman Kerja di CV dan Contohnya, Yuk Ketahui!

Cara Menulis Pengalaman Kerja di CV

Cara Menulis Pengalaman Kerja di CV dan Contohnya, Yuk Ketahui!
- Pernahkah kamu merasa bingung ketika menuliskan pengalaman kerja pada cv? Jika iya, kamu tidak perlu khawatir. Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara menulis pengalaman kerja di cv secara efektif juga menarik. 

Artikel ini pastinya akan sangat berguna bagi para lulusan baru dan pencari kerja yang ingin membuat cv mereka tampil beda di mata HRD. Apakah kamu siap untuk mendapatkan pekerjaan berkat cv yang bagus? Yuk simak beberapa cara menulis pengalaman kerja di cv. 

6 Cara Menulis Pengalaman Kerja di CV 

Mencari pekerjaan merupakan tantangan bagi setiap orang, dan salah satu kunci kesuksesan adalah cv yang menarik. Hal yang penting dari sebuah cv yaitu cara kamu menulis pengalaman kerja. Berikut adalah langkah-langkah cara menulis pengalaman kerja di cv kamu. 

1. Pilih Pengalaman Kerja yang Relevan 

Kamu tidak harus mencantumkan semua pengalaman kerja. Pilih yang paling relevan dengan posisi yang kamu lamar saat ini. Dengan cara ini perusahaan akan mengetahui bahwa kamu memiliki kualifikasi yang dicari HRD. 

2. Format Menulis Pengalaman Kerja 

Kamu harus menggunakan format yang jelas dan konsisten. Hal yang harus dimasukkan yaitu nama perusahaan, lokasi, jabatan, dan masa kerja (bulan, tahun). 
 
Contoh : 
  • Manager Direct Sales 
  • PT XFT Jakarta 
  • Januari 2021 - Desember 2023

3. Detailkan Tugas dan Tanggung Jawab 

Berikan penjelasan mengenai tugas dan tanggung jawab untuk setiap posisi kamu. Penjelasan yang rinci akan membantu perusahaan memahami apa yang telah kamu lakukan sejauh ini dan bagaimana kamu dapat berkontribusi pada perusahaan baru kedepannya. 

4. Soroti Pencapaian Kamu 

HR mungkin akan tertarik pada hasil, jadi soroti segala pencapaian kamu. Oleh karena itu, menunjukkan pencapaian kamu di CV mungkin akan membuat perusahaan tertarik. 
 
Contoh : “Peningkatan penjualan sebesar 40% dalam satu tahun." Menggunakan angka dan persentase akan membuat pencapaian kamu lebih terlihat. 

5. Gunakan Kata Kerja Aktif 

Kamu bisa menggunakan kata kerja aktif seperti “mengembangkan”, “mengelola”, atau “meningkatkan." Hal ini membuat CV kamu akan tampak lebih dinamis dan menunjukkan peran aktif kamu dalam pekerjaan. 

6. Sesuaikan dengan Pekerjaan yang Kamu Lamar 

Pastikan pengalaman kerja yang kamu tulis relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Mengapa demikian? Hal ini akan membantu perekrut melihat bagaimana pengalaman kamu sesuai dengan kebutuhan mereka. 
 
Kamu perlu mengingat bahwa pengalaman pekerjaan kamu adalah kisah tentang perjalanan profesionalmu. 
 
Ceritakan pengalaman kerjamu dengan cara yang menarik dan relevan dengan posisi yang kamu cari. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas, Vikinow akan memberikan contohnya di bawah ini. 

Contoh & Cara Menulis Pengalaman Kerja di CV 

Untuk membantu kamu dalam memahami cara menulis pengalaman kerja di CV dengan jelas, Vikinow akan memberikan beberapa contoh sebagai berikut : 
 
Pada penjelasan di bawah ini, Vikinow akan memainkan tiga role berbeda yaitu copywriter, kasir, dan lulusan baru.

1. Pengalaman kerja sebagai copywriter Copywriter PT XWC, Jakarta (Januari 2020 – Juli 2022)

  • Bertanggung jawab untuk membuat konten pemasaran dan artikel blog yang menarik.
  • Mengembangkan strategi konten yang meningkatkan keterlibatan media sosialnya sebesar 50%.
  • Bekerja dengan tim desain untuk mengembangkan ide kreatif yang efektif. 

2. Pengalaman Kerja Kasir di Supermarket, Malang (Februari 2018 – Januari 2020)

  • Mengelola transaksi harian dan bertanggung jawab atas keakuratan laporan keuangan harian. 
  • Kami menyediakan layanan pelanggan yang ramah, efisien dan profesional. 
  • Kelola inventaris dan bantu mengatur presentasi produk.
  • Biasanya melayani 100 atau lebih pelanggan per hari. 

3, Pengalaman Kerja sebagai Lulusan Baru 

Jika kamu adalah lulusan baru, fokuslah pada pengalaman yang kamu peroleh selama studi atau magang yang relevan dengan posisi yang kamu lamar saat ini. 

4. Magang Pemasaran PT Innovation Media Kreatif, Surabaya (Maret 2021 – Agustus 2021)

  • Dukungan dalam perencanaan dan pelaksanaan kampanye pemasaran digital. 
  • Mengelola akun media sosial perusahaan dan meningkatkan pengikut sebesar 20%.
  • Lakukan riset pasar dan analisis kompetitif sebagai bagian dari tim strategi pemasaran. 
Vikinow juga menawarkan tips lain tentang cara membuat pengalaman kerja di CV yang menarik dan meningkatkan peluang kamu untuk menarik perhatian HR. 

Tips Tambahan untuk Membuat Pengalaman Kerja di CV 

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk membuat pengalaman kerja di CV : 

1. Kata Kunci yang Sesuai

Gunakan kata kunci yang relevan dengan industri atau pekerjaan yang kamu lamar. Kata kunci ini sering digunakan dalam deskripsi pekerjaan dan ATS (sistem pelacakan pelamar) (bagi mereka yang menggunakan resume ATS). 

2. Jelaskan Peran Kamu dalam Tim 

Jika kamu bekerja dalam tim, harap spesifik tentang peran kamu. Misalnya, “Bertanggung jawab atas pengelolaan media sosial dalam tim pemasaran." 

3. Format Rapi dan Profesional

Pastikan CV yang kamu buat rapi, profesional, dan mudah dibaca. Maka, kamu perlu menggunakan format yang konsisten pada setiap bagiannya. 

4. Hindari Jargon yang Berlebihan 

Harap gunakan bahasa yang sederhana. Hindari jargon yang berlebihan kecuali benar-benar diperlukan. 

5. Deskripsi Singkat dan Padat 

Menyampaikan informasi secara singkat namun padat. Informasi yang diberikan tidak bertele-tele. Namun, pastikan untuk mencakup informasi penting. 

6. Pemeriksa Ejaan dan Tata Bahasa 

Periksa kembali CV kamu untuk menghindari kesalahan ejaan dan tata bahasa sebelum mengirimkannya. Kesalahan kecil bisa membuat kamu terlihat tidak profesional. 

7. Pembaruan Berkala

Harap perbarui CV kamu secara berkala agar informasi pengalaman dan keterampilan yang diberikan selalu update. 
 
Berikut cara menulis pengalaman kerja di CV dengan cara yang efektif, sehingga lamaranmu akan menarik bagi HR. Hal yang perlu kamu ingat, ketika ada iklan lowongan kerja tentunya perusahaan akan menerima banyak CV yang masuk setiap harinya. Maka, kamu harus kreatif dalam membuat CV.

Setelah membaca tips di atas, kamu dapat konsultasikan langsung di Vikinow untuk pembuatan CV yang efektif dan menarik. Sudah banyak customer kami yang cepat dalam melamar pekerjaan berkat CV kami. Yuk segera hubungi admin kami!

Posting Komentar untuk "Cara Menulis Pengalaman Kerja di CV dan Contohnya, Yuk Ketahui!"